Memanage Waktu Yang Baik
Dengan 21 Cara Ini, Anda Bisa Sukses Mengatur Waktu
•
30 Oktober 2016
Jangan berpikir dan
mengatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu. Sebab sebagaimana orang
lain, Anda juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang
dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar Anda. Hal ini tentu
menjadi perenungan tersendiri.
Bisa jadi ada beberapa banyak
waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia.
Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan
juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. Anda akan kehilangan
banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.
Meskipun selama ini Anda beberapa
kali berlaku demikian, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diubah dan
diperbaiki lagi. Simaklah 21 cara sukses berikut ini agar Anda sebaik
mungkin mengatur waktu yang Anda punya.
1. Selesaikan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu
Prioritaskan Pekerjaan Penting Lebih Dahulu via keithcraft.org
Ketika bekerja atau melakukan
berbagai hal lainnya di dalam kehidupan Anda, sangat penting untuk
selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah
setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola
pikir yang memudahkan Anda dalam mengelola pekerjaan. Dan Anda akan
memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap
pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya.
2. Belajar untuk Mengatakan “Tidak”
Hal yang sering kali kita lakukan
adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu
penting. Hal ini justru membuat kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa.
Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan
menyia-nyiakan sejumlah waktu Anda yang berharga dengan percuma.
3. Tidur Minimal 7-8 Jam Sehari
Waktu Tidur yang Tepat Buat Hidup Teratur via murphycampbell.com
Jangan sepelekan waktu tidur Anda
dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisal begadang yang
tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi. Berbagai hal
tersebut akan mengganggu jam tidur Anda. Dan sejumlah aktivitas yang
mau Anda lakukan pada pagi hari juga jadi terganggu. Anda akan sulit
fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan juga pekerjaan karena
kurang tidur dan istirahat.
4. Fokus pada Pekerjaan
Jika bekerja di depan layar
komputer, biasakan untuk selalu fokus dan mengerjakan apa yang menjadi
tugas Anda dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela
yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehingga pekerjaan
tersebut bisa selesai tepat waktu.
5. Selesaikan Lebih Awal
Selesaikan Lebih Awal Pekerjaan via focus7shot.com
Jangan suka menunda-nunda
pekerjaan atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuat
Anda berisiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya
yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang Anda tangani. Akan
sangat baik jika Anda selalu menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan
tepat waktu.
6. Jangan Membuang Waktu untuk Berbagai Hal Kecil
Memeriksa pekerjaan secara detail
memang sangat penting. Namun, akan sangat menghabiskan waktu jika Anda
melakukannya setiap saat. Sementara pekerjaan tersebut belum juga
selesai dikerjakan. Lakukan pekerjaan Anda dengan teratur dan sesuai
dengan poin-poin yang seharusnya. Selanjutnya, Anda bisa meluangkan
waktu sejenak untuk memeriksanya kembali setelah semuanya selesai
dikerjakan.
7. Jadikan Pekerjaan Utama sebagai Sebuah Kebiasaan
Jangan Jadikan Pekerjaan Sebagai Beban via thebalance.com
Ini akan sangat menyenangkan jika bisa Anda terapkan di dalam kehidupan. Anda menjadikan pekerjaan rutin sebagai kebiasaan atau hobi yang menyenangkan. Dengan melakukan hal ini, pekerjaan akan terasa ringan dan tidak melelahkan, terutama jika ternyata Anda begitu menyenanginya.
8. Jeli dalam Mengatur Waktu
Bagi Anda yang memiliki berbagai kebiasaan terkait dengan internet dan juga hal lainnya, seperti game,
televisi, dan aktif di berbagai media sosial, akan sangat tepat jika
Anda memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukan hal tersebut.
Jangan sampai waktu Anda habis terbuang dengan percuma untuk berbagai
kegiatan atau kebiasaan yang Anda miliki dan tidak memberi manfaat yang
maksimal di dalam kehidupan Anda.
9. Estimasikan dan Tentukan Waktu Penyelesaian Pekerjaan
Tentukan Waktu via eventofon.com
Anda bisa lebih fokus dan
bersemangat ketika akan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam tenggat
waktu terbaik tertentu yang Anda mampu. Penentuan waktu dalam
mengerjakan sesuatu bisa membantu untuk lebih efisien dan cerdas dalam
mengelola setiap detik waktu yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut.
Sekalipun Anda harus menambahkan beberapa waktu untuk menyelesaikannya.
10. Ambil Jeda untuk Setiap Pekerjaan yang Selesai
Mengerjakan sesuatu dengan
terburu-buru dan kemudian segera menyelesaikan pekerjaan lainnya setelah
itu bisa saja membuat Anda jenuh dan tidak memiliki jeda yang cukup.
Jangan lakukan hal ini sebab akan menjadi kebiasaan yang melelahkan dan
membosankan. Ambil jeda dan juga udara segar sebelum akhirnya
mengerjakan pekerjaan lainnya.
11. Jangan Selalu Terpaku pada Daftar Tugas
Jika memiliki kebiasaan untuk
menuliskan daftar tugas harian, bukan berarti Anda harus mengerjakannya
tanpa henti dan tanpa jeda sama sekali. Anda bisa saja fokus pada daftar
tersebut, tetapi tetap saja harus meluangkan sejumlah waktu yang cukup
untuk istirahat dan berpaling sejenak sebelum akhirnya melanjutkan
tugas-tugas yang menanti.
12. Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat
Jangan melupakan kegiatan olahraga
agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar ketika beraktivitas. Makan juga
makanan yang baik dan memiliki asupan gizi yang cukup supaya tubuh tetap
sehat dan siap untuk melakukan berbagai kegiatan harian.
13. Lakukan Lebih Sedikit
Melepaskan Penat via recoverymaine.com
Dengan mengurangi beban pekerjaan,
Anda bisa fokus pada beberapa pekerjaan yang paling penting dan harus
diselesaikan dengan segera. Ini akan menambah konsentrasi Anda pada
pekerjaan tertentu yang paling penting dan membutuhkan sejumlah
ketelitian lebih dari yang lainnya.
14. Manfaatkan Akhir Pekan
Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan akhir pekan Anda
selama beberapa jam untuk sekadar mencicil pekerjaan. Ini mungkin akan
menjadi kegiatan yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Namun, kegiatan
ini bisa mengurangi beberapa jam beban kerja Anda selama sepekan.
Daripada menghabiskannya dengan berdiam diri dan tidak ada kegiatan sama
sekali, ada baiknya Anda gunakan akhir pekan tersebut untuk sekadar
mengurangi beban pekerjaan.
15. Buat Semua Lebih Rapi dan Terorganisir
Jangan membiarkan rumah dan juga
pekerjaan Anda menjadi berantakan dan tidak teratur sama sekali. Hal ini
akan membuang banyak waktu dan juga tenaga Anda untuk membereskannya,
terutama jika tenyata Anda membiarkan hal serupa terjadi pada berbagai
hal di dalam kehidupan Anda. Mulailah untuk merapikan berbagai hal
tersebut, terutama yang menyangkut pekerjaan Anda.
16. Lakukan Sesuatu Ketika Menunggu
Ada kalanya kita akan menghabiskan
waktu untuk menunggu, baik dalam urusan pekerjaan maupun urusan
lainnya. Jangan membuang waktu dengan diam dan percuma. Anda bisa
membaca atau melakukan apa saja yang bermanfaat bagi diri Anda tentunya.
17. Mengunci Diri di Dalam Sepi
Merenung via ameliahay.co.uk
Hal ini tidak terkait dengan
masalah atau yang lainnya. Sesekali kita memang membutuhkan waktu
sendiri dan merenung di dalam sepi, misalnya di dalam kamar tidur.
Dengan melakukan hal ini, biasanya Anda akan memiliki waktu untuk
berpikir dan melihat kembali apa saja yang telah dilakukan selama ini.
18. Berkomitmen untuk Melakukan Sesuatu
Ini sangat penting, terutama bagi
Anda yang selalu terbiasa menunda atau bahkan mengabaikan berbagai hal
lainnya yang terbilang sangat dibutuhkan di dalam kehidupan. Miliki
komitmen yang kuat untuk mengerjakan berbagai hal yang memang Anda
inginkan atau butuhkan sehingga Anda memiliki sebuah pencapaian di dalam
hidup Anda.
19. Pekerjaan/Tugas yang Berkaitan
Saling Terkait via studentslife.it
Lakukan pekerjaan yang memiliki
keterkaitan antara satu dan yang lainnya sehingga Anda bisa
berkonsentrasi sekaligus dan menyelesaikannya secara berurutan.
20. Miliki Waktu Tenang
Ini adalah sejumlah waktu sepi dan
hening yang akan membawa Anda ke dalam sebuah suasana yang tenang dan
juga teduh. Anda bisa mendengarkan semua keinginan dan juga ketenangan
di dalam diri Anda sendiri.
21. Hilangkan Pikiran-Pikiran Negatif
Pikiran Negatif Membawa ke Jurang Ketidakbahagiaan via yaywomen.com
Terkadang muncul pikiran-pikiran
negatif di dalam diri kita. Ini akan sangat mengganggu dan membuat
berbagai hal lainnya menjadi tidak baik. Hilangkan dan tinggalkan hal
tersebut sehingga Anda bisa nyaman dan tenang.
Sumber : https://www.cermati.com/artikel/dengan-21-cara-ini-anda-bisa-sukses-mengatur-waktu
Komentar
Posting Komentar